Sunday, September 11, 2011

Kotoran di Telinga Anak Mengeras Seperti Batu

Posted by MGYP at Sunday, September 11, 2011
Mungkin banyak ibu-ibu yang mengalami hal yang sama seperti saya pada waktu mau membersihkan kotoran di telinga si kecil, dia malah meronta-ronta dan tidak mau. Akhirnya telingapun batal dibersihkan, karena takut nanti telinganya terluka atau cotton bud mengenai gendang telinga. Bila gendang telinga tertusuk cotton bud dan pecah dapat mengakibatkan gangguan pendengaran dan membuat telinga tengah rentan terhadap infeksi atau cedera lainnyaexclaim

Akhirnya sampai anak saya berusia 4 tahun, telinganya tidak pernah saya bersihkan. Sebenarnya kotoran di telinga itu bisa keluar dengan sendirinya tanpa dibersihkan menggunakan cotton bud. Namun ternyata tidak untuk anak saya. Pada waktu saya lihat dan menggunakan bantuan senter, ternyata kotoran tersebut sudah mengeras menyerupai batu kerikil dan menutupi lubang telingacry

Riishta kemudian saya bawa ke dokter, dan oleh dokter diberikan obat tetes telinga dengan merk Erla Ear Drop. Obat tersebut diteteskan sehari 2 kali selama 3 hari. Dan pada hari ke 3, dia saya ajak lagi ke dokter untuk dilakukan tindakan irigasi. Ternyata tindakan irigasi itu hanya menyemprotkan air hangat di telinga dengan menggunakan suntikan. Tapi pada waktu, kotoran belum juga mau keluar dan kami disuruh pulang dan kembali lagi 3 hari kemudian.

Di rumah, telinga Riishta saya tetesin menggunakan obat tersebut. Dua hari kemudian, saya melakukan irigasi sendiri di rumah menggunakan suntikan mainan yang diisi dengan air hangat. Saya semprotkan beberapa kali, akhirnya kotoranpun mau keluarpucca_love_17. Ternyata tanpa bantuan dokter, kita bisa melakukan tindakan pembersihan telinga, jadi bisa menghemat biaya surprised.

Intinya begini, kalau kotoran mengeras
  • Beli obat tetes di apotik
  • Teteskan obat sesuai petunjuk
  • Lakukan tindakan irigasi, menggunakan suntikan
  • Semprotkan beberapa kali, kotoran akan keluar bersama air yang disemprotkan
Semoga bermanfaat, sharing pengalaman dari saya inipucca_love_06.

1 comments:

Terima jasa Renov yang budget minim on January 29, 2016 at 6:33 PM said...

buu ank ku jg kotoran telinganya bnyk sekali didlm lubangnya kalo dilihat pakai senter..gemes bgt liatnya mw segera dibersihin ,smp ank sy jd seperti kurang pendegaranya..nama obat nya dong bu yang jelas ...

Post a Comment

 

KAOSPINK Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos