Tuesday, August 16, 2011

Hari Merdeka Apakah Aku Merdeka

Posted by MGYP at Tuesday, August 16, 2011
Besok adalah peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 66. Sebagai PNS tentu saya diwajibkan untuk mengikuti Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Aubade (penurunan bendera). Sama seperti tahun kemarin, saya juga mendaptkan tugas sebagai protocol pada Upacara Penurunan Bendera. Ini berarti, saya mau tidak mau harus ikut upacara pada sore hari dan siap-siap untuk pulang malam.
Ketika saya tanya ke beberapa teman, apakah mereka akan mengikuti upacara penurunan bendera ternyata banyak diantara mereka yang berencana tidak ikut. Tentu saja saya mulai khawatir, karena rumah saya jauh dan jalan yang harus ditempuh bukanlah jalan yang ramai dilalui pengendara melainkan sepi. Namun saya tetap membesarkan hati saya, bahwa saya sanggup dan berani pulang sendiri meskipun tidak mengikuti tasyakuran. Namun saya ternyata bukan wonder woman, saya hanya wanita biasa yang punya rasa takut. Malam ini disaat saya susah tidur karena memikirkan segala sesuatu dan resikonya besok, tak terasa air mata mengalir.
Kalau tahun kemarin, saya masih bisa menerima harus tugas sore hari karena proses belajar (walaupun pada waktu pulang tidak ada yang memikirkan saya pulangnya bagaimana,dan saya sendiri yang harus memohon-mohon kepada beberapa teman untuk pulang bareng). Tahun ini hati saya memberontak karena merasa terjajah (tidak merdeka).Apalagi kalau melihat teman laki-laki yang rumahnya lebih dekat, tapi tidak datang. Atau teman sesama CPNS yang tidak harus mengikuti aubade, jadi tidak perlu memikirkan pulangnya kemalaman di jalan.
Rasa iri atas nasib teman/ sesama pegawai yang lebih baik/enak ingin rasanya saya tepis, namun hal ini susah saya lakukan karena saya hanya manusia biasa. Dalam hati kecil bertanya "Apakah saya sudah merdeka di hari Kemerdekaan ini?"
"Apakah saya terlalu manja, dalam menerima tanggung jawab ini dan inginnya diperhatikan ini itunya?"
"Apakah mereka yang tidak mengikuti aubade, dibiarkan begitu saja, tanpa diberikan sanksi?"

0 comments:

Post a Comment

 

KAOSPINK Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos